0

Anggota Marinir ini Jago Lukis Tiga Dimensi di Atas Paving

Selasa, 05 Februari 2013
Share this Article on :
SIAPA mengira bentuk kaleng bercat biru putih bertuliskan 'Penari Sweet' ini adalah sebuah lukisan. Dari sudut pandang yang tepat, lukisan yang dibuat di atas paving ini terlibat bagi kaleng sungguhan.

Lukisan biasanya dibuat di atas kanvas. Namun apa yang dilakukan pelukis Bambang Suhartoyo ini terbilang unik. Anggota TNI AL kesatuan Marinir ini bisa melukis tiga dimensi di atas paving.

"Saya butuh waktu empat hingga lima hari untuk membuatnya. Butuh konsep dan perhitungan yang tepat untuk membuat tiga dimensi," kata pria yang berpangkat peltu ini.

Karya Bambang yang keseharian berdinas di Pangkalan TNI Angkatan Laut (TNI AL) Cilacap itu  diberi judul "Kaleng Peot", dan bisa dilihat di rumahnya, Jalan Pisang No 25 Cilacap.

Untuk melukis, ia menggunakan cat akrilik. Ia melukis dengan sudut tertentu, kemiringan tertentu dan titik pandang tertentu, hingga membentuk sebuah kaleng peot (penyok,Red). Lukisan tiga dimensi itu berukuran cukup besar 2 meter X 6 meter dilukis di lantai garasi rumah.

"Lukisan itu saya beri judul kaleng peot. Kalau dilihat biasa, tidak terlihat seperti kaleng peot sungguhan. Namun jika dilihat dengan kamera, dengan sudut dan kemiringan tertentu, akan terlihat bulatan kaleng peot itu," ujarnya.

Kata Bambang, kebanyakan penonton pada awalnya melihat kebingungan pada lukisannya. Namun setelah dijelaskan cara melihatnya harus melalui kamera dengan tempat bidikan yang ditentukan dan sudut kemiringan tertentu, akhirnya mereka rata-rata tertawa sambil bergumam "O.........".

"Lukisan tiga dimensi memang unik karena harus dilihat melalui kamera, dengan tempat bidikan yang ditentukan dan sudut kemiringan pandangan tertentu pula. Inti lukisan ini adalah harus berhasil memunculkan perubahan dimensi dari bidang 'tidur' menjadi bidang berdiri agar kelihatan bentuknya," ujar Bambang.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar